Delphi

Delphi merupakan tools untuk membantu kita mengembangkan beragam aplikasi untuk beragam versi  Windows, mulai dari Windows 9x sampai Windows 2000 dan XP. Dengan menggunakan Delphi kita bisa membuat aplikasi desktop, internet dan database. Delphi menyediakan banyak komponen untuk berhubungan dengan beragam database seperti paradox, MS Acces,  Interbase dan MS SQL.

IDE Delphi

Seperti layaknya software visual programming lainnya, Delphi juga memmpunyai IDE (Integrated Development Environtment) atau lingkungan ppengembangan sendiri. Pada IDE terdapat berbagai fasilitas untuk melekukan design, coding maupun debugging. IDE Delphi terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu Main Window, Componen Pallete, ToolBar, object TreeView, Code Explorer, Object Inspector, Form Designer dan Code Editor. (Kadir, 2005)

Gambar 1. Gambar IDE Delphi 7

2.1.1.  Mengenal Properti

Formulir mempunyai sejumlah karakteristik atau sifat seperti tinggi, lebar dan judul. Sifat-sifat inilah yang biasa disebut dengan istilah propeti. Properti sebenarnya dimiliki tidak hanya oleh formulir melainkan juga semua komponen. Masing-masing formulir ataupun komponen memiliki properti tersendiri. Properti suatu formulir atau komponen dapat diubah melalui Object Inspector, yaitu pada halaman berjudul properties. (Kadir, 2005)

Gambar 2. Properti pada jendela Object Inspector

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: